My Tekno

Informasi Tentang Teknologi

Inilah Sejumlah Tantangan Industri Fintech di Indonesia

Pemerintah ketika ini cukup memberi dukungan gerakan nasional non tunai. Maklum sebagian besar warga negara

BeritaTechnologyUmumInilah Sejumlah Tantangan Industri Fintech di Indonesia
Inilah Sejumlah Tantangan Industri Fintech di Indonesia

Inilah Sejumlah Tantangan Industri Fintech di Indonesia

Pemerintah ketika ini cukup memberi dukungan gerakan nasional non tunai. Maklum sebagian besar warga negara kami, sekitar 115 juta, faktanya belum terjamah bank, alias tak mempunyai akses ataupun rekening bank.

Tetapi banyak di antara mereka yang punya ponsel pintar dan juga akses Media online. Di tanah air kami, ada 72,7 juta pemakai aktif Media online, 74 juta pemakai aktif sosmed (sosial media) dan juga 308,2 juta connection mobile dengan 64 juta pemakai aktif sosial media di ponsel.

Tahun 2017, jelas Brata Rafly CEO dari PT Dimo Pay Indonesia dalam diskusi media di kota Jakarta, diprediksi akan ada sekitar 120 juta pemakai ponsel pintar dan juga 150 juta warga yang tak punya akses ke dalam bank, dengan 16 juta orang tak mempunyai kartu kredit.

Ini menjadi peluang besar untuk perusahaan fintech untuk menerbitkan uang elektronik berbasis mobile. Tercatat ada lebih dari sekitar 120 perusahaan yang terdaftar di otoritas jasa keuangan). Ada yang productnya berupa kartu fisik, seperti contoh Mandiri e-money, BCA Flazz, BRI Brizzi.

Ada pun juga yang menempel di nomor ponsel pintar seperti CIMB Niaga Rekening Telpon, Telkom t-money, Smartfren Uangku, Indosat dompetku. Ada pula yang berlaku khusus untuk cara pembayaran tertentu, seperti GrabPay dan juga GoPay.

Potensi industri fintech memang besar sekali, tutur Brata. “Kiprah fintech akan semakin luas di beragam lini ekonomi dan juga akan terus di perlukan sebab kapabilitasnya dalam melaksanakan beragam inovasi yang cepat dan juga tanggap terhadap kebutuhan pasar,” ujar dia.

Mytekno

 - 

related posts

Leave your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked.*